Banyak Pengguna Facebook Minder Upload Foto

London – Tidak semua orang pede jadi anggota Facebook, di mana profil dan foto mereka bisa dilihat bebas oleh teman-teman online. Sebuah survei membuktikan, banyak user Facebook tidak mau upload foto diri sendiri karena berbagai alasan.

Bahkan beberapa user menghapus tag nama di foto yang diposting teman karena merasa kurang menarik, misalnya terlalu gemuk, terlalu tua atau merasa fisiknya kurang menawan.

Itulah yang terungkap dalam survei di Inggris oleh perusahaan kesehatan, LighterLife. Separuh responden mengaku tak akan upload foto di mana mereka tampak gemuk. Dan 14 persen wanita menghapus tag mereka dari foto yang dinilai tidak menarik.

Sepersepuluh wanita merasa tidak senang jika melihat foto diri mereka di Facebook. Bahkan, 13 persen tak mau difoto bersama hanya untuk mencegah gambar mereka nampang di situs jejaring terpopuler itu.

Sepuluh persen responden memilih memakai foto palsu atau gambar sembarang untuk profil Facebook, misalnya foto hewan piaraan atau gambar kartun. Tak sedikit yang meng-upload foto orang lain yang dianggap lebih keren.

Meski memang adalah hak user memposting foto pilihannya, Sun Dover selaku direktur marketing LighterLife menyayangkan fenomena itu.

“Hal ini adalah indikasi adanya tekanan bagi orang-orang, terutama wanita muda, agar terlihat dengan fisik tertentu,” tukasnya, seperti detikINET kutip dari Telegraph, Jumat (19/3/2010). ( fyk / faw )

Berita ini saya kutip dari detikinet.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s