Kejadian Penting 25 Maret

804 – Prasasti Sukabumi dari Pare, Kediri, Jawa Timur ditulis bertarikhkan tahun 732 Saka atau jika dikonversi menjadi tanggal 25 Maret 804 tahun Masehi. Prasasti ini adalah permulaan sejarah bahasa dan sastra Jawa.

Prasasti Sukabumi adalah sebuah prasasti pada batu yang ditemukan di perkebunan Sukabumi, kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur. Prasasti ini menurut sebutan ahli epigrafi lebih dikenal dengan nama Prasasti Harinjing. Tulisan yang terdapat pada kedua belah sisi prasasti ini ditulis dengan aksara dan bahasa Jawa Kuna. Prasasti ini terdiri dari tiga buah piagam yang mengenai hal yang sama.

Bagian depan disebut Prasasti Harinjing A. Isinya menyebutkan pada 11 Suklapaksa bulan Caitra tahun 726 Saka atau 25 Maret 804 Masehi, para pendeta di daerah Culangi memperoleh hak sima (tanah yang dilindungi) atas daerah mereka karena telah berjasa membuat sebuah saluran sungai bernama Harinjing.

Bagian belakang, Prasasti Harinjing B, baris 1-23 menyebutkan bahwa Sri Maharaja Rake Layang Dyah Tulodhong pada 15 Suklapaksa bulan Asuji tahun 843 Saka atau 19 September 921 Masehi, mengakui hak-hak para pendeta di Culangi karena mereka masih tetap harus memelihara saluran Harinjing.

Mulai baris selanjutnya, disebut Prasasti Harinjing C, menyebutkan bahwa hak serupa diakui pula pada 1 Suklapaksa bulan Caitra tahun 849 Saka atau 7 Maret 927 Masehi.

1655 – Christiaan Huygens menemukan Titan, satelit alami terbesar planet Saturnus.

Christiaan Huygens (ejaan Inggris: [ˈhaɪɡənz]; Belanda Templat:IPAlink; 1629–8 Juli 1695), merupakan ahli matematika Belanda dan ahli fisika; lahir di Den Haag sebagai anak dari Constantijn Huygens. Ahli sejarah umumnya mengaitkan Huygens dengan revolusi ilmiah.

Christiaan umumnya menerima penghargaan minor atas perannya dalam perkembangan kalkulus modern. Ia juga mendapatkan peringatan atas argumennya bahwa cahaya terdiri dari gelombang. Tahun 1655, ia menemukan bulan Saturnus, Titan.

Titan adalah bulan terbesar milik Saturnus. Ditemukan pada 25 Maret 1655 oleh ahli astronomi Belanda Christiaan Huygens, dan merupakan satelit pertama di Tata Surya yang ditemukan setelah Bulan Galileo milik Jupiter. Titan adalah salah satu dari sedikit bulan (bersama dengan bulan Saturnus Enceladus) di tata surya kita yang ditemukan mempunyai atmosfer yang signifikan.

Huygens dengan mudah menamakan penemuannya Saturni Luna (“bulan Saturnus”). Belakangan, Jean-Dominique Cassini menamakan empat bulan yang ditemukannya (Tethys, Dione, Rhea dan Iapetus) Sidera Lodoicea (“bintang-bintang Louis”) untuk menghormati Raja Louis XIV. Ahli astronomi menjadi terbiasa menyebut mereka Saturnus 1 hingga Saturnus 5. Julukan lain yang dipakai adalah “Satelit Saturnus Huygen” (atau “Huyghenian”), atau “satelit keenam Saturnus” (dalam urutan jaraknya dari Saturnus, saat Mimas dan Enceladus juga ditemukan tahun 1789).

Nama “Titan” dan nama-nama dari ketujuh satelit milik Saturnus kemudian diketahui berasal dari John Herschel (anak dari William Herschel, penemu Mimas dan Enceladus) dalam terbitan 1847nya Results of Astronomical Observations made at the Cape of Good Hope , di mana ia mengusulkan nama-nama Titans, saudara kandung dari Cronos (Saturnus Yunani), untuk digunakan.

Jarak Penglihatan dari Bumi

Titan mempunyai jarak nyata antara +7.9 dan +8.7 dan menjangkau jarak angular kira-kira 20 garis tengah Saturnus dari planet tersebut. Dapat diamati menggunakan teleskop kecil (diameter lebih dari 5cm) atau teropong kuat.

Ciri-ciri Fisik

Titan lebih besar daripada planet Merkurius (meski kurang berat) dan satelit alam terbesar kedua di tata surya setelah Ganymede. Awalnya diperkirakan sedikit lebih besar daripada Ganymede, tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa atmosfer tebalnya memantulkan banyak cahaya menyebabkan perkiraan-melampau dari diameternya. Seperti sejumlah satelit lainnya, Titan juga lebih besar dan berat daripada Pluto.

1957 – Jerman Barat, Belanda, Luxemburg, Italia, Perancis dan Belgia menanda tangani Persetujuan Roma, yang mendirikan Komunitas Ekonomi Eropa.

Komunitas Eropa, paling penting dari ketiga Komunitas-Komunitas Eropa, awalnya didirikan pada 25 Maret 1957 dengan penandatanganan Perjanjian Roma di bawah nama Komunitas Ekonomi Eropa. Kata ‘Ekonomi’ dihilangkan dari namanya oleh Perjanjian Maastricht tahun 1992, yang mana pada waktu yang sama secara efektif membuat Komunitas Eropa yang pertama dari tiga pilar Uni Eropa, yang disebut Pilar Komunitas.

1995 – Ward Cunningham menciptakan situs wiki pertama, Portland Pattern Repository.

Howard G. “Ward” Cunningham (lahir 26 Mei 1949) adalah seorang pemrogram Amerika Serikat yang mengembangkan wiki yang pertama. Ia mulai menulis perangkat lunak WikiWikiWeb tahun 1994 dan memasangnya di situs web konsultan perangkat lunak miliknya Cunningham & Cunningham (dikenal dengan nama domainnya c2.com) pada 25 Maret 1995. Ia sekarang ini bertempat tinggal di Beaverton, Oregon dan sekarang merupakan Kepala Bagian Teknologi di AboutUs.org[1].

Howard G. “Ward” Cunningham lulus sarjana dalam teknik listrik dan teknik komputer dan masternya dalam ilmu komputer dari Universitas Purdue. Ia adalah pendiri dari Cunningham & Cunningham, Inc. Ia juga menjabat sebagai direktur riset dan pengembangan dari Wyatt Software dan insinyur utama dari Tektronix Computer Research Laboratory.

Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.

Ward Cunningham, pengembang perangkat lunak wiki yang pertama, WikiWikiWeb, mulanya mendeskripsikan wiki sebagai “basis data terhubung paling sederhana yang memiliki peluang untuk bekerja.”[1]

Wiki (dengan huruf besar ‘W’) dan WikiWikiWeb kadang digunakan untuk merujuk kepada Portland Pattern Repository, wiki yang paling pertama diciptakan. Pendukung penggunaan ini mengusulkan penggunaan huruf kecil ‘w’ untuk membedakan istilah generik yang sedang dibicarakan di sini. Wiki wiki berasal dari istilah bahasa Hawaii untuk “cepat” atau “super-cepat”[2]

Kadang istilah wikiwiki atau WikiWiki digunakan daripada wiki. Istilah-istilah ini dapat digunakan secara berganti-ganti meskipun perbedaan pandangan mengenai kapitalisasi juga dapat diterapkan dalam cara yang mirip.

Wikipedia merupakan aplikasi yang berbasiskan wiki.

dikutip dari wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s