Kejadian Penting 3 April

Peristiwa

1882 – Penjahat terkenal Amerika Serikat, Jesse James tewas ditembak temannya sendiri, Bob Ford yang mengkhianatinya untuk imbalan hadiah.

Jesse Woodson James, “Dingus”, (lahir di Kearney, Missouri, Amerika Serikat, 5 September 1847 – meninggal di Saint Joseph, Missouri, Amerika Serikat, 3 April 1882 pada umur 34 tahun) adalah seorang prajurit Konfederasi dan penjahat terkenal Amerika Serikat.

Kehidupannya yang luas dan juga sebagai perampok telah divisualisasikan dalam sejumlah film dan balada. Ia adalah anggota pasukan gerilya William Quantrill pada masa Perang Saudara Amerika.

Menikah pada tanggal 24 April 1875 dengan Zerelda Mimms. Mereka memiliki 2 anak.

Jesse dibunuh oleh Robert Newton Ford yang sebenarnya adalah anggota kelompoknya, Geng James-Younger. Pada tanggal 3 April 1892, setelah sarapan, Robert Ford, Charley Ford dan Jesse James siap berangkat untuk memulai merampok lagi, keluar masuk rumah untuk menyiapkan kuda. Hari itu sebenarnya panas; James melucuti mantelnya, dan mengatakan bahwa ia harus meninggalkan senjatanya juga, agar tak mencurigakan. James mengingatkan ke gambar berdebu di dinding dan berdiri dari kursi untuk membersihkannya. Robert Ford mengambil kesempatan, dan menembak kepala belakang James.

Jesse sering disebut-sebut sebagai “Robin Hood Barat Liar”, namun tak ada bukti ia pernah membagi hasil rampokannya dari jarahannya kepada mereka yang membutuhkan. Tulisan di atas nisan Jesse James, ditulis oleh ibunya, terbaca: In Loving Memory of my Beloved Son, Murdered by a Traitor and Coward Whose Name is not Worthy to Appear Here (Dalam Kenangan Manis Bersama Putraku Tercinta, Dibunuh oleh Seorang Pengkhianat dan Pengecut yang Namanya Tak Berharga untuk Muncul di Sini).

Kelompok Jesse James

  • James Robert Cummins/Cummings “Windy Jim” ?- 1928/1929
  • Robert Newton Ford 1860-8 Juni 1892
  • Alexander Franklin “Frank” James 10 Januari 1843-18 Februari 1915
  • Clell (McClelland) Miller ?-1876
  • Jim Poole
  • George White

1922 – Josef Stalin menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet yang pertama.

Iosif (Josef) Vissarionovich Stalin (Bahasa Rusia: Иосиф Виссарионович Сталин, Iósif Vissariónovich Stálin), nama asli Ioseb Jughashvili (Bahasa Georgia: იოსებ ჯუღაშვილი, bahasa Rusia: Иосиф Джугашвили, Iósif Dzhugashvíli😉 (lahir 18 Desember 1878 – meninggal 5 Maret 1953 pada umur 74 tahun) adalah pemimpin Uni Soviet dan seorang diktator yang sangat lalim, dikenal juga dengan sebutan “Manusia Baja” sebagai namanya (Stalin atau Steel Man). Ia diperkirakan telah memerintahkan pembunuhan sekitar 30 juta jiwa penduduk Rusia dan negara-negara sekitarnya. Ia juga dikenal sebagai orang yang membenci agama. Awalnya ia masuk seminari di Tbilisi, namun ia kemudian menjadi tak percaya lagi pada Tuhan setelah membaca buku Asal-usul Spesies karya Charles Darwin.

Ia tampil sebagai pemimpin partai komunis di Uni Soviet. Saingan utama Stalin adalah Leon Trotsky, Trotsky berhasil diusir keluar dari Rusia kemudian dibunuh di Meksiko sekitar tahun 1940. Menjelang tahun 1924 Stalin menjadi Pemimpin Uni Soviet. Ia memperlakukan saingannya atau siapapun yang melawannya dengan kejam. Mereka semua dihukum mati sebagai musuh negara Sovyet atau menjebloskannya ke dalam kamp-kamp penjara. Dalam Perang Dunia II (1939-1945) Rusia berperang bersama Inggris serta Amerika Serikat melawan Jerman. Tetapi seusai perang Stalin “memasang Tirai Besi” antara sekutu Barat dan Rusia dan sebagian besar negara di Eropa Timur dijadikan negara Komunis. Stalin berkuasa sampai saat kematiannya pada usia 73 tahun. Pada masa pemerintahannya ia tidak hanya mengawasi seluruh negara Rusia, melainkan juga negara-negara di luar Rusia

Kelahiran

1783 – Washington Irving yang mengganti namanya setelah Revolutionary War dan menjadi Presiden pertama Amerika George Washington.

George Washington (lahir di Westmoreland County, Colony and Dominion of Virginia, Amerika Utara Britania, 22 Februari 1732 – meninggal di Mount Vernon, Virginia, Amerika Serikat, 14 Desember 1799 pada umur 67 tahun) adalah Presiden Amerika Serikat (1789–1797) yang pertama. Pada usia 11 tahun ayahnya meninggal dunia. George Washington mula mula bekerja sebagai mantri ukur, ia lalu masuk tentara pada usia 21 tahun, dan diangkat menjadi Letnan Kolonel saat mengikuti wajib militer oleh Gubernur negara bagian Virginia. Menikah tahun 1759 dengan Martha Dandridge Custis Washington, George Washington mengurus perkebunannya yang luas di Virginia dan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Virginia, hingga Revolusi Amerika pecah. George Washington merupakan anggota perkumpulan rahasia Freemasonry.

Ketika berumur 33 tahun, ia memilih untuk memihak rakyat negara bagian Virginia yang memberontak melawan orang-orang Inggris yang mengeluarkan undang – undang yang tidak adil menurut perdapat rakyat Virginia. Ia pun bertugas memimpin tentara Virginia. Pada tahun 1775 ia diangkat menjadi Panglima Tertinggi oleh Kongres Kontinental, yaitu Kongres ke-13 daerah jajahan Kerajaan Inggris.

Pada tahun 1776 Revolusi Kemerdekaan Amerika pecah dan Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris. Kepemimpinan George Washington berkontribusi banyak dalam keberhasilan daerah-daerah jajahan di Amerika memperjuangkan kemerdekaannya. Pada tahun 1783 Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat, George Washington keluar dari tentara. Empat tahun kemudian pada 1787 ia menjadi Ketua Konvensi Konstitusional.

Pada tahun 1789 setelah Konstitusi disahkan, ia dipilih dengan suara bulat menjadi Presiden Amerika yang pertama. Ia menjalankan dua masa jabatan dari tahun 1789 hingga tahun 1797, didampingi oleh John Adams sebagai wakil presiden. Dalam pidato perpisahannya pada tahun 1797, ia menyerukan kepada rakyat Amerika Serikat agar meninggalkan rasa kepartaian dan rasa kedaerahan yang berlebih-lebihan.

Pada tahun 1799, George Washington meninggal dunia dalam usia 67 tahun di Mount Vernon, setelah tiga tahun meletakkan jabatannya sebagai presiden. Ia tidak memiliki keturunan, hanya seorang anak angkat.

Peristiwa pada masa kepresidenan

  • 1789
Berdirinya Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Departemen Keuangan, Kantor Kejaksaan Agung Amerika Serikat, dan terjadinya perang.
24 September Berdasarkan Undang undang Hukum Federal mendirikan Makamah Agung.
  • 1790
Pengesahan untuk dilakukannya sensus penduduk Amerika untuk pertama kalinya; populasi 3,929,214.
10 Juli Kongres mengalokasikan dana federal untuk Potomac dan mengesahkan pembangunan tempat tinggal presiden pada 16 Juli
Pemerintah Federal menangani Hutang Perang Revolusi untuk negara.
  • 1791
25 Februari Berdirinya Bank Amerika untuk pertama kalinya.
3 Maret Pajak atas Whiski (minuman) disetujui.
15 Desember Bill of Rights ditambahkan pada Konstitusi Amerika
Rencana “Kota Federal” (Washington D.C.) mulai dikerjakan
  • 1792
U.S. Mint (Fasilitas untuk mencetakan uang koin di Amerika) dibuka di Philadelphia
Dibentuknya partai- partai politik pertama di Amerika. (Partai Republik dan Federal)
13 Oktober Peletakan batu pertama untuk Gedung Putih
5 Desember Washington dan John Adams terpilih kembali menjadi Presiden dan Wakil Presiden.
  • 1793
22 April Washington mengeluarkan Proklamasi Netral, yang memperingatkan agar warga Amerika menahan diri untuk tidak membantu Perancis atau Inggris pada perang mereka.
Negara-negara Barbary mulai menyerang muatan kapal – kapal Amerika.
5 Juni Undang undang Netral di terapkan, pelarangan warga negara Amerika untuk menjadi bagian dari kapal perang asing.
Pemberontakan Whiski; protes dari para petani akan pajak whiskey, di hentikan oleh tentara negara bagian New Jersey, Pennsylvania, Virginia, dan Massachusetts.
Skandal Yazoo Pemalsuan Tanah antara pihak legislatif Georgia (beberapa Gubernurnya) dengan empat perusahaan tanah untuk daerah yang kini dikenal sebagai Alabama dan Mississippi. Mereka menjual sejumlah besar tanah pada pihak dalam dengan harga yang luar biasa murah dan tidak masuk akal.
  • 1796
Pidato perpisahan George Washington yang memperingatkan agar Amerika tidak turut campur tangan dan Amerika akan pertentangan negara asing.
John Adams dan Thomas Jefferson terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

1804 – Hamengkubuwana IV, raja Kesultanan Yogyakarta (w. 1822).

Nama aslinya adalah Raden Mas Ibnu Jarot, putra Hamengkubuwana III yang lahir dari permaisuri tanggal 3 April 1804. Ia naik takhta menggantikan ayahnya pada usia sepuluh tahun, yaitu tahun 1814. Karena usianya masih sangat muda, Paku Alam I ditunjuk sebagai wali pemerintahannya.

Pada pemerintahan Hamengkubuwono IV, kekuasaan Patih Danurejo IV semakin merajalela. Ia menempatkan saudara-saudaranya menduduki jabatan-jabatan penting di keraton. Keluarga Danurejan ini terkenal tunduk pada Belanda. Mereka juga mendukung pelaksanaan sistem Sewa Tanah untuk swasta, yang hasilnya justru merugikan rakyat kecil.

Pada tanggal 20 Januari 1820 Paku Alam I meletakkan jabatan sebagai wali raja. Pemerintahan mandiri Hamengkubuwono IV itu hanya berjalan dua tahun karena ia tiba-tiba meninggal dunia pada tanggal 6 Desember 1822 saat sedang bertamasya. Oleh karena itu, Hamengkubuwono IV pun mendapat gelar anumerta Sultan Seda ing Pesiyar.

Kematian Hamengkubuwono IV yang serba mendadak ini menimbulkan desas-desus bahwa ia tewas diracun ketika sedang bertamasya. Putra mahkota yang belum genap berusia tiga tahun diangkat sebagai Hamengkubuwono V.

1980-Dewi Sandra,Penyanyi dan Presenter Indonesia

Dewi Sandra Killick
Perempuan
Brasil, 03 April 1980

Dewi Sandra Killick atau lebih populer dengan nama Dewi Sandra, lahir di Brazil, 3 April 1980. Perempuan berdarah campuran Inggris dan Indonesia ini, dikenal sebagai seorang presenter, bintang sinetron dan penyanyi.

Sebagai penyanyi Dewi telah merilis single Biarkan, Kurasakan, Menari-Nari (Bersama Model Indonesia), Tak Ingin Lagi, Kuakui dan When I Fall In Love (Single Duet Dengan Glenn Fredly). Selain itu dia juga telah membintangi sinetron, DISAKSIKAN BULAN dan AKU CINTA KAMU.

Dewi juga pernah menjadi bintang untuk produk Rexona (Versi Keti Dance) dan menjadi presenter Clear Top 10.

Dewi sendiri adalah mantan istri aktor Surya Saputra, yang kini tengah menjalin hubungan dengan personel AB Three, Cyntia Lamusu. Sementara dirinya, telah menikah dengan penyanyi Glenn Fredly pada 3 April 2006.

Pernikahan Dewi dan Glenn yang berlangsung secara tertutup di Bali mengundang tanda tanya, pasalnya perkawinan mereka begitu cepat terjadi, apalagi Dewi baru saja bercerai dari Surya.

Hal ini memunculkan spekulasi kalau mereka telah menjalin hubungan semenjak Dewi masih menjadi istri Surya Saputra. Namun hal ini kemudian dibantah oleh Glenn dan Dewi.

Pada Februari 2008, Dewi Sandra terpilih sebagai duta besar (Dubes) F1 Grand Prix Sepang. Menjadi duta acara akbar bukan kali pertama diemban Dewi. Penyanyi yang suka mewarnai rambutnya ini juga pernah juga ditunjuk sebagai pembawa api olimpiade musim dingin di Torino, Italia tahun 2006 dan Duta Piala Asia (AFC) di Jakarta pada 2007.

Pada Rabu (17/09/08) ibunda Dewi, Hj. Prihartini meninggal dunia karena gagal ginjal. Kepergian ibunda Dewi ini menyusul ayahanda Dewi, George Killick yang meninggal lebih dulu.

Pada 2008, Dewi menjadi host ajang pencarian bakat Indonesian Idol, dan merilis album bertema Euro 2008, berjudul PLAY.

Bulan Desember 2008, rumah tangga Dewi dan Glenn digoyang isu cerai. Dan sejak isu itu bergulir, Dewi diburu wartawan. Alhasil, Dewi pun makin sulit dijumpai, bahkan kabarnya Dewi jarang pulang ke rumahnya di Jl. Grinting III No 2, Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta.

Meski tengah dilanda masalah rumah tangga, namun Dewi tak mau terus meratapi nasibnya. Malah ia semakin aktif berkarir di dunia tarik suara. Dalam album teranyarnya yang diluncurkannya dengan judul WANITA, ia merilis single jagoannya terlebih dahulu, Kapanlagi Bilang I Love You pada akhir April 2009.

Terkait dengan kehidupan rumah tangganya dengan suami keduanya, Glenn, saat ini sedang dilanda prahara. Tampaknya Dewi harus menghadiri sidang perceraian untuk kedua kalinya. Melalui Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Glenn telah melayangkan gugatan cerai pada 12 Maret 2009.

Pada Kamis (27/08/09) pernikahan Dewi dan Glenn dinyatakan telah berakhir di mata hukum. Melalui PN Jakarta Selatan, bintang film XL, ANTARA AKU, KAU DAN MAK EROT (2008) ini dinyatakan resmi menjadi janda untuk kedua kalinya.

Setelah album KURASAKAN (1998), TAK INGIN LAGI (2000), KUAKUI (2004), STAR (2007), maka pada Jumat (16/10/09), Dewi merilis album kelimanya, yang bertajuk WANITA. Di album terbarunya, Dewi juga mengandalkan single Amazing dan Mati Rasa.

Beberapa penghargaan yang pernah disabet Dewi:
– Panasonic Award 1999 – 2003 (Best Female artis for Presenter of Clear Top Ten)
– AMI Award 2001 (Best R & B Album)
– Nomination for SCTV Award 2004 Category Best Female Artis Album KUAKUI
– FHM Sexiest Female Artis 2004 (Number 1 in Indonesia and Number 7 in the world)
– Nomination for Anugerah Planet Muzik Singapore 2005 Category best female artis.
– Cosmopolitan Fun Fearless Female 2007

sumber wikipedia.org dan kapanlagi.com

2 thoughts on “Kejadian Penting 3 April

  1. Jesse James…., rasanya memang tdk pernah membagi hasil rampokannya pd penduduk atau masyrakat.
    Bahkan JJ cenderung serakah…..

    Satu hal, bahwa dia bukanlah pahlawan suatu negara…, dia adalah kriminal. Pd jaman itu, dinegara tsb, dimana berdirinya sejarah tsb, didirikan oleh para narapidana (negara tsb, awalnya adalah pembuangan bg narapidana kelas berat dr Inggris).

    Surga bagi para pendosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s