Kejadian Penting 9 April

Peristiwa

193 – Septimius Severus dinyatakan menjadi Kaisar Romawi oleh pihak tentara di Illiria (di Balkan).

Lucius Septimius Severus (11 April 145 – 4 Februari 211) ialah Kaisar Romawi yang memerintah antara tahun 193 sampai 211.

Lucius Septimius Severus berasal dari Leptis Magna (sekarang dekat al-Khums, Libya) and pada tahun 172 ia diangkat sebagai senator oleh Marcus Aurelius. Severus naik tahta pada tanggal 14 April 193 dan siap bertempur melawan Marcus Didius Severus Julianus namun Legiun Julianus menolak bertempur dan Severus dinyatakan sebagai kaisar. Tak sampai tahun 197 semua lawan politiknya dieliminasi. Di akhir pemerintahannya Severus menjalankan sejumlah tindakan militer untuk mempertahankan Britania dari serangan dadakan suku barbar dan menjalankan rekonstruksi Tembok Hadrian sebelum meninggal di York, Inggris, pada tanggal 4 Februari 211.

1940 – Perang Dunia II: Jerman menginvasi Denmark dan Norwegia.

Perang Dunia II, atau Perang Dunia Kedua (biasa disingkat PDII) adalah konflik global militer yang terjadi pada 1 September 1939 sampai tanggal 2 September 1945 yang melibatkan sebagian besar negara-negara di dunia, termasuk semua kekuatan-kekuatan besar yang dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan: Sekutu dan Axis. Perang ini merupakan perang terbesar sepanjang sejarah dengan lebih dari 100 juta personil. Dalam keadaan “perang total”, pihak yang terlibat mengerahkan seluruh bidang ekonomi, industri, dan kemampuan ilmiah untuk melayani usaha perang, menghapus perbedaan antara sipil dan sumber-sumber militer. Lebih dari tujuh puluh juta orang, mayoritas warga sipil, tewas, dan hal ini membuatnya menjadi konflik paling mematikan dalam sejarah manusia.

Umumnya dapat dikatakan bahwa peperangan dimulai pada saat pendudukan Jerman di Polandia pada tanggal 1 September 1939, dan berakhir pada tanggal 14 Agustus 1945 pada saat Jepang menyerah kepada tentara Amerika Serikat. Secara resmi PD II berakhir ketika Jepang menandatangani dokumen Japanese Instrument of Surrender di atas kapal USS Missouri pada tanggal 2 September 1945, 6 tahun setelah perang dimulai.

Perang Dunia II berkecamuk di tiga benua tua; yaitu Afrika, Asia dan Eropa. Berikut ialah data pertempuran-pertempuran dan peristiwa penting di setiap benua.

1957 – Soekarno membentuk Kabinet Karya, dengan Djuanda sebagai perdana menteri, termasuk Chaerul Saleh, Subandrio sebagai menteri luar negeri.

masa bakti : 9 April 1957 -10 Juli 1959

No Jabatan Nama Menteri
1 Perdana Menteri Djuanda
Wakil Perdana Menteri Hardi
Idham Chalid
J. Leimena [1]
2 Menteri Luar Negeri Subandrio
3 Menteri Dalam Negeri Sanusi Hardjadinata
4 Menteri Pertahanan Djuanda
5 Menteri Kehakiman GA Maengkom
6 Menteri Penerangan Soedibjo
7 Menteri Keuangan Sutikno Slamet
8 Menteri Pertanian Sadjarwo
9 Menteri Perdagangan Prof. Drs. Soenardjo
10 Menteri Perindustrian FJ Inkiriwang
11 Menteri Perhubungan Sukardan
12 Menteri Perhubungan Laut Mohammad Nazir
13 Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Pangeran Mohammad Nur
14 Menteri Perburuhan Samjono
15 Menteri Sosial J. Leimena
16 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prijono
17 Menteri Agama Mohammad Iljas
18 Menteri Kesehatan Azis Saleh
19 Menteri Agraria R. Sunarjo
20 Menteri Pengerahan Tenaga Rakyat untuk Pembangunan A.M. Hanafi
21 Menteri Negara FL Tobing (Urusan Hubungan Antar Daerah)
Chaerul Saleh (Urusan Veteran)
FL Tobing (Urusan Transmigrasi)
Suprajogi (Urusan Stabilitasi Ekonomi)
Wahid Wahab (Urusan Kerjasama Sipil-Militer)
Mohammad Yamin

1991 – Georgia menyatakan kemerdekaannnya dari Uni Soviet.

Georgia (საქართველო Sakartvelo dalam bahasa Georgia; dikenal dari 1990 hingga 1995 sebagai Republik Georgia) adalah sebuah negara trans benua di sebelah timur Laut Hitam di selatan Kaukasus antara benua Eropa dan benua Asia. Bekas republik di Uni Soviet ini berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, Turki di sebelah barat daya, Armenia di sebelah selatan serta Azerbaijan di sebelah timur. Luas wilayah Georgia 69.700 km², berpenduduk 4,4 juta jiwa (tidak termasuk Abkhazia dan Ossetia Selatan), 84% dari jumlah penduduk beretnis Georgia.

Sepanjang sejarah, Georgia ditaklukan oleh kerajaan-kerajaan Muslim beberapa kali. Tbilisi (ibukota) ditaklukan oleh orang-orang Arab dalam abad ke-8 dan suatu masyarakat Muslim menetap di sana. Pada abad ke-8, Ottoman Turks dan Safavids Iran (orang-orang Persia) menguasai banyak daerah di Georgia. Para migran yang kemudian dikenal sebagai Tatars, juga memutuskan untuk membuat daerah tersebut menjadi tempat kediaman mereka.

Selama era Soviet, Undang-undang Islam (Syariah) dan Pemerintahan dihapus pada tahun 1926. Namun menjelang tahun 1930, sebuah kompromi yang dicapai memberikan orang-orang Muslim kemerdekaan yang pasti. Saat Perang Dunia II, Pemerintah Soviet mendirikan Dewan Agama Muslim untuk mengendalikan umat Muslim di seluruh daerah tersebut. Beberapa orang Muslim dideportasi (tergantung pada etnisnya) dan deportasi tersebut sebenarnya berlanjut sampai akhir abad ke-20. Hal tersebut masih merupakan suatu isu politik sampai saat ini.

1999 – Presiden Niger Ibrahim Baré Maïnassara dibunuh.

Ibrahim Baré Maïnassara (9 Mei 1949 – 9 April 1999) adalah seorang pejabat militer di Niger yang menggulingkan pemerintahan Presiden Mahamane Ousmane pada 27 Januari 1996.

Dia terpilih sebagai presiden pada 7-8 Juli 1996, meraih 52% suara dalam sebuah pemilu yang dianggap oleh pihak lain secara luas penuh dengan kecurangan. Maïnassara kemudian dilantik pada 7 Agustus. Pada 9 April 1999, dia dibunuh dalam sebuah kudeta militer oleh para tentara di bandar udara di ibukota Niger, Niamey. Saat itu dia berusia 49 tahun.

Kelahiran

1784 – Rafael del Riego y Nuñez, jenderal dan politikus liberal Spanyol.

Rafael del Riego y Nuñez (9 April 1784–7 November 1823) adalah seorang jenderal dan politikus liberal Spanyol.

Del Riego lahir pada 9 April 1784 (sumber lain mengatakan 24 November 1785) di Santa María de Tuñas, Asturias. Setelah lulus dari Universitas Oviedo tahun 1807, ia pindah ke Madrid, tempat dia kemudian bergabung dengan angkatan bersenjata. Tahun 1808, saat Perang Kemerdekaan Spanyol, ia tertangkap oleh pasukan Prancis dan dipenjarakan di Escorial, yang kemudian berhasil meloloskan diri.

Pada 10 November ia ambil bagian dalam Perang Espinosa de los Monteros, yang membawanya kembali ke tahanan. Tiga hari berikutnya ia dikirim ke Prancis, dan kemudian dilepas. Ia berkeliling Inggris dan Jerman, sebelum pada akhirnya pada tahun 1814 ia kembali ke Spanyol dan bergabung lagi dengan tentara dengan jabatan letnan kolonel.

1977 – Gerard Way , vokalis dan salah satu pendiri grup My Chemical Romance

Gerard Way.jpgGerard Arthur Way (lahir di Newark, New Jersey, 9 April 1977) adalah vokalis dan salah satu pendiri grup musik My Chemical Romance. Ia adalah kakak dari Mikey Way, basis grup musik tersebut.

Gerard lahir di daerah Newark, New Jersey, dimana kehidupan itu sulit untuk keluarganya. Nama orang tua Gerard adalah Donald dan Donna Way. Donald berasal dari Skotlandia dan Donna Lee dari Italia.

Waktu masa kecil, dia dan adiknya, Mikey, selalu dilarang bermain di luar karena daerah tempat tinggalnya sangat berbahaya. Dan di sekolah Gerard juga sering jadi korban lelucon anak-anak lain.

Jadi, Gerard mulai berkreasi dunia-dunia fantasi dan selanjutnya dia mulai menggambar-gambar karakter komik. Di tahun 1995 dia lulus di Belleville High School, dan selanjutnya dia ke New York City School of Fine Arts, dimana dia lulus di tahun 1999 dan mendapat degree Bachelor of Fine Arts.

Setelah itu, Gerard mencari perkerjaan di perusahaan komik dan akhirnya dia menjadi penggambar. Dia sendiri juga berkreasi komik yang bernama The Breakfast Monkey, tapi tidak diterima karena itu sudah terlalu mirip film kartun dari Cartoon Network.

Waktu tanggal 11 september 2001, Gerard lagi berada dekat di World Trade Center. Karena impact peristiwa itu sangat besar, dia memikir untuk formasi band sendiri. Dengan pertolongan adiknya Mikey, dia berhasil untuk mempunyai band sendiri, ya itulah My Chemical Romance.

Gerard suka meniru gaya Freddie Mercury dan Marilyn Manson ketika berada di panggung tetapi tidak pernah mengaku.

Pada tanggal 4 September 2007 akhirnya Gerard mengikat hubungan dengan personil band dari Mindless Self Indulgence,Lyn-Z.Mereka melakukan pernikahan tersebut dalam rangkaian tour Projekt Revolution.Pernikahan dilakukan dengan meminta tolong menjadi saksi dari promotor.Acara itu tanpa pesta yang meriah,hanya ada botol minuman dan makanan kecil namun mereka semua sangat bahagia.

1990 – Kristen Stewart salah satu pemain Twilight

Kristen Jaymes Stewart (lahir 9 April 1990) merupakan seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang menjadi sangat terkenal saat bermain di film Twilight yang diadaptasi dari novel karya Stephenie Meyer sebagai Isabella Swan atau biasa disingkat Bella Swan, film-film utamanya antara lain Panic Room, Catch That Kid, Speak, Zathura, The Messengers dan Into the Wild. Dia dilahirkan di Los Angeles. Dia berkarir di dunia film sejak tahun 2001.

Meninggal

Hari besar dan peringatan

Hari Penerbangan Nasional.

Hari TNI AU.

TNI AU lahir dengan dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada Tanggal 23 Agustus 1945, guna memperkuat Armada Udara yang saat itu berkekurangan pesawat terbang dan fasilitas-fasilitas lainnya. pada tanggal 5 Oktober 1945 berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) jawatan penerbangan di bawah Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma.
Pada tanggal 23 Januari 1946 TKR ditingkatkan lagi menjadi TRI, sebagai kelanjutan dari perkembangan tunas Angkatan Udara. Pada tanggal 9 April 1946, TRI jawatan penerbangan dihapuskan dan diganti menjadi Angkatan Udara Republik Indonesia, yang kini diperingati sebagai hari lahirnya TNI AU yang diresmikan bersamaan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pada 29 Juli 1947 tiga kadet penerbang TNI AU masing-masing Kadet Mulyono, Kadet Suharnoko Harbani dan Kadet Sutarjo Sigit dengan menggunakan dua pesawat Cureng dan satu Guntei berhasil melakukan pengeboman terhadap kubu-kubu pertahanan Belanda di tiga tempat, masing-masing di kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.
Modal awal TNI AU adalah pesawat-pesawat hasil rampasan dari tentara Jepang seperti jenis Churen, Nishikoren, serta Hayabusha. Pesawat-pesawat inilah yang merupakan cikal bakal berdirinya TNI AU. Setelah keputusan Konferensi Meja Bundar tahun 1949, TNI AU menerima beberap aset Angkatan Udara Belanda meliputi pesawat terbang, hanggar, depo pemeliharaan, serta depo logistik lainnya. Beberapa jenis pesawat Belanda yang diambil alih antara lain C-47 Dakota,B-25 Mitchell,P-51 Mustang,AT-6 Harvard,PBY-5 Catalina, dan Lockheed L-12.

Tahun 1950, TNI AU mengirimkan 60 orang calon penerbang ke California Amerika Serikat, mengikuti pendidikan terbang pada Trans Ocean Airlines Oakland Airport (TALOA). Saat itu TNI AU memiliki pesawat dari Uni Sovyet dan Eropa Timur, berupa MiG-17, pembom TUPOLEV TU-2, dan pemburu LAVOCKHIN LA-11. Pesawat-pesawat ini mengambil peran dalam Operasi Trikora dan Dwikora.

TNI AU mengalami popularitas nasional tinggi dibawah dipimpin oleh KASAU Kedua Marsekal Madya TNI Omar Dhani awal 1960-an. TNI AU memperbarui armadanya pada awal tahun 1980-an dengan kedatangan pesawat OV-10 Bronco, A-4 Sky Hawk, F-5 Tiger, F-16 Fighting Falcon, dan Hawk 100/200.

Sumber wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s